Selasa, 22 Mei 2012

MENJAWAB FENOMENA 1 JUTA CERMIN UNTUK CHERRYBELLE..



            Pekan ini dunia musik indonesia kembali dihiasi topik perseteruan antara fans K-pop lokal dengan fans cherrybelle , berangkatnya cherrybelle ke korea untuk syuting,dan bertemu boyband & girlband macam ZE:A dan SNSD menjadikan inisiatif bagi Chiters (Chibi Haters) yang dipelopori oleh Fans K-Pop lokal yang bersekutu dengan girlband lainnya untuk menciptakan topik 1 JUTA CERMIN UNTUK CHERRYBELLE..dengan maksud untuk membuat para personil cherrybelle ngaca kalo personil chibi gak layak Go international karena mereka plagiat (sumber:@ChitersINA)..
Mungkin sebagian chiters dan SONE indonesia kurang paham dengan artian plagiat.. coba STOP deh aktifitas twitter kalian dan mampir sejenak ke wikipedia.. percuma kalian ngomong cap..cip..cup.. tapi yang kalian omongin gak tau artinya..atau mungkin kita perlu bahas materi materi yang krusial yang diklaim plagiat oleh SONE cs..


A.LAGU
Lagu menjadi senjata paling santer yang digunakan Chiter cs..bisa dibilang ini senjata utama mereka jatuhin chibi..berikut materi materi yang pernah mengemuka sebelumnya..
  
1.DILEMA VS  SUKI NA TOKO (KEN HIRAI)
Ini pernyataan asal kalau kedua lagu ini dianggap persis.. bagian miripnya pun gak jelas ,mau didengerin kaya gimanapun kedua lagu ini emang beda.. hanya bila ada kedua lagu tsb punya nada yang “membentur” bisa dipastikan benturan tsb.. hanya kebetulan semata ..

2.BEAUTIFUL VS PANAH ASMARA (CHRISYE)
Sama sekali gak mirip baik intro,aransmen,lyric, maupun lainnya bisa dibilang kasus ini Cuma pengalihan isu aja..

3.BEST FRIEND FOREVER VS KISSING YOU (SNSD)
Dari ketiga materi diatas ,tampaknya yang ini yang paling menggemparkan..
Untuk melihat ketidak miripan kedua lagu tesebut ,,belilah kedua CD diatas versi karaoke.. lalu hilangkan audio suaranya.. kedua lagu tersebut menjadi gak mirip.. bila versi normal diputar ada kemiripan di bagian awal opening, 2 bait reff,dan sedikit di ending.. lepas dari unsur 2 tsb lyric yg terdapat pada BFF lebih inspiratif ,juga nadanya yang easy listening perbandingan dengan lyricberbahasa korea yang susah berhari2 menghafal ejaannya..

4.JINGLE HONDA BEAT VS GEE (SNSD)
Jingle tersebut bukan manajemen chibi yang bikin, jadi dibahas kaya gimanapun gak ada efeknya sama chibi..

Dan untuk materi lagu,sebagian chiter yang denger lagu yang bersangkutan ,langsung ngetweet ,posting,coment ngejudge2 gitu.. padahal ya.. yang buat lagu siapa ? yang nyanyi siapa ? marahnya ke siapa? ..tapi uniknya chibi ..setiap ada coment negatif yang masuk ke personil chibi,,mereka (chibi) memberi klarifikasi ,dan menjelaskan ini itu..dsb bila kita tengok kasus yang pernah terjadi pada beberapa penyanyi yang pernah terkena kasus ini sebelumnya yang cederung masa bodoh dan menyerahkan semuanya pada pengarang lagu.. beda dengan chibi yang menghargai pencipta  lagu2 mereka, dengan  membiarkan  mereka pasang badan  melawan chiter..

B.KOREO & STYLE
      Salah satu alasan chibi dijuluki plagiat mungkin karena jumlah personil mereka sama dengan personil SNSD yaitu 9 orang.. tapi alasan ini mengambang lagi,,lantaran formasi ber7 pun masih dimiripin..grrr.. kembali ke topic ,intinya kalo 9 orang itu plagiat SNSD ,gak adil donk.. gimana kalo yang 48 orang plagiat AKB48 kah.. 7 plagiat t-ara kah ..kalo kamu jalan berdua ..kamu plagiat keong racun donk..
Seluruh gerakan & pose SNSD saat dance dan foto adalah reflek yang amat sangat umum.. jangankan chibi ,adik umur 5 tahun aja bisa ..
Sekalipun itu gerakannya sama ,itu kan sama halnya terinspirasi.. kamu melihat foto idola anda lalu anda terinspirasi oleh pose/stylenya lalu anda mencobanya,,dan itu sah sah aja ..tidak ada aturan yang melarang seseorang meniru gerakan orang lain..lepas dari itu SNSD juga terinspirasi senior” mereka..  gak mungkin satu girlband bisa menciptakan satu koreo yang komplek dan sempurna,pastinya ada sosok yang dinspirasikan ..

C.PERNYATAAN CHIBI TIDAK MENGENAL SNSD
      Di salah satu stasiun televisi menayangkan satu interview chibi,yang menyebut mereka tidak mengenal Snsd ..yakni cherly chibi yang menyatakan “ jujur, di awal pembentukan chibi kita tidak mengenal snsd..” abis itu interview dipotong dan kesannya jadi gimana gitu..mari kita pelajari pernyataan cherly tsb..
Cherrybelle terbentuk dari proses audisi setahun yang lalu,mereka berasal dari kota kota yang terpisah dimana masing2 personil punya karakter, dan selera music yang berbeda ,ada yang mengidolakan Ze:A ,agnes monica,project pop,kahitna,adele, dan tidak semuanya penggemar SNSD..
  Seperti yang diketahui  personil chibi yang menggemari SNsd hanya 2 orang saja.. Anisa & Gigi ,,sedangkan lainnnya tidak.. jadi di awal pembentukan chibi jangankan mengenal SNSD ,mengenal personil chibi lain pun meraka tidak saling kenal.. 
D.COUPLE FANBASE
Di twitter kita menjumpai nama fanbase twibi seperti RynAnisa FC , Anisachristy , atau yang lainnya..sekali lagi hal “ yang kaya beginian masih dikira plagiat berhubung SONE udah duluan buat yang YoonaYuri Fc, TiffanyYoona..Dll.. sampe segitunya ya,sampai nama fanbase twitter aja diatur2..

D.KESIMPULAN
Berdasara materi materi pembahasan diatas apakah kiranya mereka chibi sudah sepantasnya mendapat 1 juta cermin .. ?? sekali lagi untuk materi materi macam lagu ,karena tidak sepenuhny mirip,,juga belum bisa  dikategorikan plagiat ,sementara untuk coreo dance tidak ada klaim  paten dari pihak terkait dalam hal ini SNSD ..jadi siapapun sah”saja untuk memperhatikan dan menambahkan koreo” tersebut ke dalam referensi .. jadi tidak ada bajak membajak dalam hal ini.. dengan begitu chibi tidak seharusnya mendapat 1juta bahkan 1 milyar cermin untuk ini..karena mereka bukan plagiat..dan saya balik kasih  pertanyaan untuk warga SONE (indonesia )  ,,sejak tahun berapa anda menggemari GB tsb?? Kalau anda dalami lebih jauh..sebelum sukses seperti sekarang ini..di awal pembentukan ,mereka juga pernah tersandung isu yang serupa dengan ini,,namun perlahan mereka kompak dan menemukan karakter yang menjadi ciri khas mereka..

Oke sekian artikel saya .bila ingin berkomentar silahkan!! Ngritik boleh,tapi yang sopan,no SARA &RASIS ..






                                                                                                                                                                    

5 komentar:

  1. Sedelapannnnnnnnnnnn *lho?? Salah, seenaaaaaaaammmmmmmm *lho?? salah, setujuhhhhhhhhhhhhhh sama status di bawah

    #RALAT

    Setujuhhhhhhhhhhhhh sama status di atas..

    ^^

    BalasHapus
  2. Uhm... boleh saya komen kah? boleh kan? boleh dong!

    saya bukan chiters, sone atau k-poper. dan saya juga bukan twibi. but, entah kenapa setiap sejak awal saya menemukan kejanggalan pada cherrybelle.

    pertama, soal nama. singkatan cherrybelle adalah chibi. itu pertama kali saya tahu pas mereka pertama perform di acara musik di TV swasta. tapi menurut saya nggak singkron deh. kalau memang Cherrbelle ingin menyingkat namanya, seharusnya Chebe, bukan chibi.

    kedua, jumlah anggota. oke, girlband pada dasarnya dibentuk dgn kebebasan banyak jumlah anggota. tapi kenapa harus 9? menurut blog chiter yg pernah saya kunjungi, Cherrybelle adalah parodi untuk menyambut kedatangan SNSD di Indonesia. dan katanya projek itu udah resmi dari label agensi SNSD bernanung. seperti kita tahu, SNSD nggak jadi datang. tapi, kenapa projek itu diteruskan? seharusnya label agensi tempat SNSD bernanung akan menghentikan projek itu kan kalau SNSD batal konser. tapi, kenapa dilanjutkan?

    ketiga, soal lagu.
    1. Dilema VS Kimi wa suki na koto (bukan toko). itu sangaaaat mirip. jika anda dengar serius, itu sangaaat mirip pertama dengar aja sangat mirip! sumpah! saya kaget pas mereka perform lagu ini. saya pikir Ken Hirai memang akan berkunjung ke Indo. ternyata tidak. bagi anda, memang nggak mirip karena perbedaan tempo. coba aja, lagu Kimi wa suki na koto dipercepat temponya, pasti mirip. meski ada perbedaan yaitu instrumental yg digunakan. tapi nadanya sama

    2. Beautiful VS Panah asmara (crisye)
    kalau ini mah, saya memang nggak tahu dimana miripnya. mungkin nada bagian ke reff ya. soalnya ntu memang agak mirip. tapi, saya jadi mikir lagi. ada plagiat dan ada juga nggak. ya, coba saya dengar lagi.

    3. Best Friend Forever VS Kissing you (SNSD)
    saya akui, ini memang mirip. saya akui kelebihan lagu ini, yaitu makna. tapi, setiap saya dengar 2 lagu ini secara instrumental, sumpah. saya nggak bisa bedain. yg bisa saya bedain cuma satu, BAHASANYA. karena saya ngerti bahasa Indonesia.

    4. Jingle honda beat VS gee (SNSD)
    saya nggak menemukan kemiripannya. dari jingle itu saya mendengar kata seperti ini : ji, ji. sangat mirip dengan pelafalan lagu SNSD, gee yg dibaca ji.

    lalu kenapa chibi selalu repot sama reputasi plagiat itu? mengenai kenapa artis lain masa bodo, karena mereka menganggap mereka nggak terbukti melakukan itu. terus Cherrybelle kenapa harus repot klarifikasi? habisin materi dan waktu kan? mendingan konser menghibur twibi dan twiboy.

    mengenai JKT 48, itu memang sister group AKB 48 pertama diluar jepang. dan itu sudah direncanakan oleh Yasushi Akimoto-san (Aki P). selain JKT48, ada lagi SNH48 di China dan TPE48 di taiwan. jadi itu resmi, bukan plagiat.

    soal foto, kenapa harus sama persis pose, style dan propertinya? kalau memang nggak sengaja, mestinya pasti ada sesuatu yang membedakan. misalnya, kalau personil SNSD senyum semua, mungkin Cherrybelle berwajah lucu dan sebaliknya. atau kalau SNSD kostum badut, cherrybelle mungkin bisa aja berkostum a la none jakarta. lagan juga, itu bukan reflek kalau sangat persis.

    soal interview mengenai chibi yg gk tahu SNSD. biasanya stasiun TV menyajikan informasi secara jelas dan ringkas. agar penonton mengerti informasi yg disajikan. jika anda pelajar yang baik, anda akan belajar tentang itu di pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 dan 9. jadi jika ada bagian yg dipotong, itu adalah hal yang membuat durasi lama. jadi jangan berkilah.

    soal couple, ini 50:50. mungkin saya bisa bela. di jepang (hehehe, saya J-pop lover), biasanya group idol akan membentuk sub group. bisa couple, trio, kwintet, qwartet atau se-jepang juga nggak apa apa. jadi, soal ini kita nggak bisa bilang plagia 100%

    coreo dance. jika single sudah ditampilkan di TV beserta koreo, itu sudah termasuk hak cipta lho!!!

    segitu komentar saya. panjang? benar. tapi sopan kan? kalau kurang sopan, mohon dimaafkan. terima kasih sudah diberi kesempatan untuk komen.

    BalasHapus
  3. banyak pertanyaan dari saya buat cherry belle, aku chiters tapi bukan chiters bego yang bisanya maen kata-kata kasar. saya juga seorang Jpoplovers yang suka ama lagu" jepang.
    1. lagu Ken Hirai dengan Chibi
    sejujurnya saya merasa lagu itu beda banget, karna ya saya kurang tau musik dan saya kurang tau lagu-lagu Hirai-san.
    2. lagu Kissing You
    awalnya saya gak terlalu mempedulikan lagu ini, mirip enggak yah masa bodoh. tapi setelah saya denger, ini mirip banget sama lagunya cherrybelle, dan sejujurnya saya malu, kesel, sedih miris sama cherry belle
    3. PV AKB48
    Tau AKB48 dong, Idol Group asal Jepang yang lagi banyak punya fans di Indonesia. Tau garangnya fans 48FAMS ? yah, ini mungkin bisa jdi kesalahan sutradara saat buat Iklan, oke itu cuma iklan, saya maklumi kesalahan pembuat iklan tersebut
    4. Light Stick
    ini gada mirip"nya ama punya 48fams kok, cuma mirip di bagian nama aja,
    5. KONSEP
    ini konsep Cherrybelle kemana sih ? KPop ya Kpop jangan mentang" JKT48 lagi terkenal ya kabur ke JPOP -_-"
    6. Photo Pack
    sekalian menjawab pertanyaan dari sebuah Blog. Kalau memang GB/BB Korea juga memiliki Photo Pack sendiri dan dijual di album mereka, kenapa ga dari dulu di ikutin ? kenapa setelah tenarnya JKT48 mereka baru ikutan buat Photo Pack ?
    7. Sister Group
    Itu biasa
    8. Seifuku ?
    Kalo baju trend Korea sih biasa, tapi ini seifuku, seifuku ? konsep kalian apa ? apa ? anak sekolahan kah ? atau Idol eksklusif kaya SNSD ?
    9. Theater
    Ini yang buat geram fans 48 fams. Aku tahu kemungkinan gak setiap hari ketemu fans, paling nggak seminggu atau sebulan sekali ketemu disana, buat apa ? buat ketemu ama fans. AKB48 emang ikutan konsep Morning Musume, tapi apa yang membedakan mereka ? theater dan senbatsu. Be yourself Member Cherrybelle
    10. Chant Mix
    Tiap Idol Group di Jepang punya Chant Mix khas masing-masing dan itu berbeda-beda. Tolong Twibi dan Twiboys kreatif nyiptaen Chant Mix, boleh aja ada chant Mix tapi dengan nada, gerakan yang khas.
    11. Penghinaan Anisa kepada JKT48
    ini apa maksudnya ? haruka-san aja seneng-seneng aja ngeliat Cherry Belle lha kenapa member Cherry Belle anti banget ama JKT48, aku sedih kesel marah liat ekspresi wajah mereka saat fotoan ama Haruka-san, siapa Haruka-san ? dia member AKB48 yang di transfer ke JKT48. Haruka-san tersenyum dengan ceria sedangkan chebok menghina banget tampangnya. oh iya, ini berkaitan dengan pernyataan Anisa di twitter yang mengatakan hal yang tdak sepatutnya di Twitter. silahkan cari pernyataannya.

    Panjang banget kayanya, semoga sadar mereka semua !

    BalasHapus
  4. Woi JKT48 itu sister grup AKB48

    BalasHapus
  5. @arisanya: kimi no suki na toko judul lagunya. Bkn koto. Coba kmu liat di generasia ato wikipedia. Pasti kimi no suki na toko :)

    BalasHapus